PENDIDIKAN SENI RUPA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Service Center

Telp: 0411-860837/860132

Email center

senirupa@unismuh.ac.id

Arabic Arabic English English French French German German Indonesian Indonesian Russian Russian Spanish Spanish
Arabic Arabic English English French French German German Indonesian Indonesian Russian Russian Spanish Spanish

RISET-PKM

dr fy

Judul : HISTORIOGRAFI KEBUDAYAAN SULAWESI SELATAN
Proyek Penelitian Pemerintah Propinsi Sul Sel
Diterbitkan Oleh Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Prov. Sul Sel
Penulis/Hasil Penelitian : Muh Faisal ix +215 Halaman, 16 x 21cm
ISBN: 978-602-18518-3-8

Historiografi kebudayan Sulawesi Selatan merupakan spektrum sejarah dan kebudayaan yang berangkat dari sistem nilai sebagai suatu falsafah hidup masyarakat Sulawesi Selatan. Terjemahan naskah Sureq Lagaligo dan Manuskrip Lontaraq merupakan sastra klasik yang memiliki sprit kebudayaan dan narasi sejarah yang mampu mengungkapkan unsur-unsur metafiksi, rahasia spritualisme, serta mistifikasi kehidupan manusia dimasa lampau, berikut dengan peristiwa heroik yg meliputinya. Sebuah wasiat yang memiliki kecenderungan menelaah secara historik atas pranata sosial, kepercayaan, hukum, bahasa dalam spektrum kebudayaan masa lampau. Historiografi Kebudayaan Sulawesi Selatan yang dibahas dalam buku ini diuraikan berdasarkan nilai sejarah yang terdapat dalam empat suku; yaitu Suku Makassar, Bugis, Tator dan Mandar. Selanjutnya kekuatan historiografi tersebut diuraikan melalui analisis dan perbandingan dari beberapa literatur dan hasil penelitian yang dilakukan.

Buku ini adalah hasil eksplorasi karya tulis saya yang telah dibuat kurun waktu (satu) tahun terakhir dengan memadukan teori-teori antropologi dan seni. Buku ini sangat membatu mahasiswa maupun masyarakat dalam menelusuri peristiwa seni dari setiap dimensi peradaban manusia. Disamping buku ini mengantarkan pembaca pada nilai-nilai sosio-kultural, buku ini telah menyajikan perspektif teori yang dapat digunakan dalam menemukan proposisi antropologi seni sepanjang kehidupan manusia. Materi teoritis yang dimaksud dimulai dari evolusionisme seni, neo-evolusionisme, difusionionisme seni, selanjutnya sampai begaimana seni dalam pendekatan fungsionalisme-strukturalisme, seni dalam pendekatan materealisme kebudayaan dan interprets simbolik, bahkan buku ini juga menguraikan seni dalam pendekatan post-strukturalisme dan post-modernisme.

Penulis: Dr. Muh Faisal
Judul: Antropologi Seni
Hasil Penelitian Mandiri
“Kritik Seni: Sarana Apresiasi dalam Wahana Kontemplasi Seni” masalah pokok yang mengemuka adalah bagaimana membangun kritik yang ideal terhadap sebuah karya seni. Buku kritik seni ini adalah jelmaan kegelisahan selama ini untuk dapat memberikan alternatif kepada pembaca, khususnya mahasiswa perguruan tinggi seni dalam memberikan garis besar pemahaman atau pengamatan seni, sebab kritik seni diyakini sebagai basis pengetahuan teoritis dan teknis penilaian mengenai prestasi kesenian.
Penulis : Meisar Ashari
Desain Cover : Edi Rahnat Layout dan Tata letak : Abd. Rajab viii + 187, 15.5 cmx 23 cm Cetakan I : Februari 2020 ISBN: 978-602-72092-4-4

Buku ini merupakan buku bahan ajar tentang metode analisis menggambar struktur tubuh manusia. Menerbitkan buku dalam kegiatan akademik apalagi di suatu institusi pendidikan, sesungguhnya merupakan suatu kewajiban. Proses kegiatan belajar mengajar baru dikatakan maksimal apabila ditopang oleh adanya buku yang memadai dan relevan. Untuk itu buku “Anatomi Plastis” ini merupakan salah satu upaya alternatif yang dilakukan untuk memberi kemudahan kepada pembaca agar dapat mengasah kemampuan membuat sketsa atau menggambar anatomi manusia yang baik dan proporsional. Kegiatan menggambar bukan hanya dimiliki oleh mereka yang bertalenta, namun pada dasarnya faktor kebiasaan dan tekad yang kuat adalah satu modal yang sangat signifikan. Olehnya, buku ini dapat menjadi tuntunan serta rujukan kita dalam belajar atau studi tentang gambar anatomi tubuh manusia. Penulis: Meisar Ashari Judul: Anatomi Plastis (Metode Menggambar Struktur Tubuh Manusia)
Nilai estetika Tari Pa'Raga Sulawesi Selatan Merupakan hasil penelitian yang difasilitasi oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Makassar. Penelitian dilakukan selama 6 bulan pada beberapa komunitas pa'raga Sulawesi Selatan. Didalamnya menyraikan ihwal sejarah, struktur seni, falsafah hidup, mitologi, serta perubahan dan pergeseran yang meliputi migrasi orang Makassar. Dari hasil penelitian ini, penulis mendapatkan apresiasi setelah pemerintah menetapkan Pa' Raga sebagai warisan budaya tak benda.

Penulis/Peneliti: Dr. Muh Faisal
'Etno - Visual Perjalanan I Makdi Daeng Ri Makka'
Hasil Penelitian Seni Budaya oleh Muh. Faisal Proyek Penelitian Pemerintah Propinsi Sul Sel Diterbitkan Oleh Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Prop. Sul Sel. Buku ini merupakan hasil revisi yang kedua. Didalamnya terdapat sejarah sebagai narasi kultural Turatea, terutama peristiwa politik dan kebudayaan pada masa I Makdi Dg Ri Makka dan Karaeng Bontotangnga. Pada revisi kedua ini, penulis sekaligus menyertakan ilustrasi visual sebagai penanda simbolik yang menarik diulik melalui paradigma konstruktivism.
Judul : Desain Dwi Matra
Penulis: Dr. Muh Faisal
Penerbit: Univ Negeri Makassar ISBN: 978-623-96682-8-0

Merupakan buku bahan ajar Pendidikan Seni Rupa yang dihasilkan berdasarkan pengamatan lapangan dan studi kepustakaan. Buku ini terus dikembangkan sejalan dengan kebutuhan dan perkembangan desain dasar pada tingkat pendidikan menengah dan perguruan tinggi.